Melewati Proses Penajaman



Amsal 27:17 "Besi menajamkan besi, orang menajamkan sesamanya."

Ketika mengalami masalah, penderitaan, tekanan, himpitan dan berbagai gesekan yg terjadi umumnya kita meresponsnya secara negatif: menyalahkan keadaan, orang lain, bahkan berani menyalahkan Tuhan.

Padahal adakalanya Tuhan memakai situasi dan orang2 di sekitar kita sebagai sarana memroses, membentuk dan mendewasakan kita.

Firman Tuhan menggambarkan proses ini seperti besi menajamkan besi. Ketika besi menajamkan besi pasti akan menimbulkan sebuah gesekan yg melukai dan menimbulkan api. Api berbicara tentang emosi, kemarahan, sakit hati, kepahitan, kejengkelan, kebencian dan berbagai luka yg menyakitkan.

Melalui peristiwa atau hubungan dgn orang2 di sekitar sesungguhnya Tuhan sedang menggarap kita karena Dia adalah Sang Penjunan, yg tahu persis cara membentuk hidup seseorang. "Apabila bejana, yang sedang dibuatnya dari tanah liat di tangannya itu, rusak, maka tukang periuk itu mengerjakannya kembali menjadi bejana lain menurut apa yang baik pada pemandangannya." (Yeremia 18:4).



Tujuan Tuhan menajamkan kita adalah supaya kita semakin matang, semakin sempurna, semakin berkenan dan semakin serupa dgn Kristus.

Karena itu kita patut bersyukur untuk setiap masalah atau peristiwa yg terjadi dalam hidup ini, termasuk kehadiran orang2 di sekitar kita.

Jangan pernah menyalahkan keadaan atau mengambinghitamkan orang lain ketika harus melewati proses ini.

Seringkali kita berpikiran bahwa dgn membaca Alkitab atau mendengarkan khotbah saja secara otomatis dapat membuat kita dewasa rohani, lalu kita mengeksklusifkan diri dan tidak mau bergaul dgn orang lain untuk menghindari gesekan dgn sesama. Itu salah!

Karakter kita justru terbentuk ketika kita membangun hubungan dengan orang lain, saat itulah kita mengalami penajaman.

Proses penajaman bisa terjadi di mana pun, kapan pun dan melalui siapa pun!

Selamat pagi.., selamat beribadah dan menikmati hadirat-Nya.

Tuhan memberkati !! 🙏





Labels: renungan, Santi Garda

Thanks for reading Melewati Proses Penajaman. Please share...!

0 Komentar untuk "Melewati Proses Penajaman"

Back To Top